Tuesday, November 12, 2013

Sound Card dan Speaker Aktif


Apa kabar sobb...??Siang ini saya akan berbagi artikel tentang Sound Card dan Speaker aktif,yang pada umumnya menjadi kebutuhan saat ini,sebagai hiburan maupun menghilangkan rasa sedih dengan mendengarkan musik....

langsung aj..simakk!! :D

Sound Card
Sound Card (kartu suara) adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk mengolah data berupa audio / suara. Perankat ini berbentuk seperti lempengan PCB.






Sound Card juga sering disebut audio Card,yang terhubung ke slot ISA atau PCI pada motherboard,yang memungkinkan komputer untuk memasukkan input,memproses dan menampilkan data berupa suara.

Fungsi SoundCard :

Sound card memiliki empat fungsi utama, yaitu sebagai synthesizer, sebagai MIDI interface, pengonversi data analog ke digital (misalnya merekam suara dari mikrofon) dan pengkonversi data digital ke bentuk analog (misalnya saat memproduksi suara dari spiker). Sedangkan cara pengangkutan suara biasanya menggunakan tiga cara, yaitu :

  1. Melalui teknologi frequency modulation (FM) atau Sintesa lewat FM adalah cara yang paling efektif untuk menghasilkan suara yang jernih. Suara disimulasikan dengan menggunakan bilangan algoritma untuk menghasilkan sine wave, alias gelombang yang lentur sehingga menghasilkan suara yang mirip suara sumber aslinya. Misalnya, suara denting gitar akan disimulasikan dan hasilnya akan mendekati suara asli.
  2. Cara wavetable adalah merekam suara yang tersimpan pada chip kartu suara, dan meneruskannya ke spiker.
  3. Synthesizing secara fisik berarti suara disimulasikan melalui prosedur programming yang kompleks.
Dilihat dari cara pemasangannya, sound card dibagi 3:

  • Sound Card Onboard, yaitu sound card yang menempel langsung pada motherboard komputer.
  • Sound Card Offboard, yaitu sound card yang pemasangannya di slot ISA/PCI pada motherboard. Rata-rata, sekarang sudah menggunakan PCI
  • Soundcard External, adalah sound card yang penggunaannya disambungkan ke komputer melalui port eksternal, seperti USB atau FireWire.



Cara Kerja
Ketika anda mendengarkan suara dari sound card,data digital suara yang berupa waveform .waf atau mp3 dikirim ke sound card. Data digital ini di proses oleh DSP (Digital Signal processing : Pengolah signal digital) bekerja dengan DAC (Digital Analog Converter :Konversi digital ke Analog ). Mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog, yang kemudian sinyal analog diperkuat dan dikeluarkan melalui speaker.Ketika anda merekam suara lewat microphone. suara anda yang berupa analog diolah oleh DSP, dalam mode ADC ( Analog Digital Converter : Konversi analog ke digital). Mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital yang berkelanjutan. Sinyal digital ini simpan dalam format waveform table atau biasa ditulis Wav(wave) dalam disk atau dikompresi menjadi bentuk lain seperti mp3.
Bagusnya suara tidak hanya ditentukan dari sound card saja, tapi tergantung pula pada speaker yang kita gunakan. Kalau sound card yang kita gunakan sudah dilengkapi dengan kemampuan surround atau prologic, padahal speaker yang ada hanya jenis stereo saja, maka efek suara yang dihasilkan sound card tidak akan maksimal. Apabila sound card kita sudah mendukung 7.1 channel, sebaiknya kombinasikan pula
dengan speaker yang memiliki jumlah channel sama. Pada model sound card terbaru malah sudah dilengkapi dengan SPDIF atau kanal digital. Dengan pemakaian koneksi model digital ini maka data suara yang dihasilkan oleh sound card akan dikeluarkan oleh speaker dengan lebih jernih, tanpa ada noise atau bunyi berdesis. Bagus tidaknya tergantung pada telinga. Jika suara keluaran speaker sudah terasa nyaring, apik, jernih, dan nyaman di telinga kita, boleh jadi itulah spiker yang cocok untuk kita. Untuk itulah kita juga harus mengetahui speaker yang baik

Speaker Aktif
Speaker aktif adalah transduser yang mengubah sinyal elektrik ke frekuensi audio(suara) dengan cara menggetarkan komponennya yang berbentuk selaput. Rekaman yang terbaik, dikodekan ke dalam alat penyimpanan yang berkualitastinggi, dan dimainkan dengan deck dan pengeras suara kelas atas, tetap saja hasilnya suaranya akan jelek bila dikaitkan dengan speaker yang kualitasnya rendah.




Fungsi speaker secara keseluruhan adalah mengubah gelombang listrik dari perangkat penguat audio menjadi gelombang suara atau getaran. Proses pengubahan gelombang elektromagnet menjadi gelombang bunyi tersebut dapat terjadi karena aliran listrik dari penguat audio dialirkan kedalam kumparan dan terkena pengaruh gaya magnet pada speaker, sesuai dengan kuat lemahnya arus listrik yang diterima, maka getaran yang dihasilkan pada membran akan mengikuti dan jadilah gelombang bunyi yang dapat kita dengarkan.
Pada umumnya jenis speaker ada tiga macam berdasarkan tinggi rendah bunyi yang dihasilkannya. Speaker dengan keluaran nada rendah biasa disebut woofer, speaker yang menghasilkan bunyi vokal atau nada menengah disebut midrange, sedangkan speaker dengan bunyi keluaran nada tinggi disebut twitter.
Pada umumnya jenis speaker ada tiga macam berdasarkan tinggi rendah bunyi yang dihasilkannya. Speaker dengan keluaran nada rendah biasa disebut woofer, speaker yang menghasilkan bunyi vokal atau nada menengah disebut midrange, sedangkan speaker dengan bunyi keluaran nada tinggi disebut twitter.

Tips merawat :
  1. Volume software pemutar music/vcd player/dvd player jangan lebih dari 75%, kalau ingin suara keras, naikkan volume speaker anda boleh sampai full 100%.
  2. Kenali kemampuan speaker anda sampai batas tertentu dan , default setting software sudah cukup untuk menghasilkan suara yg bagus.
  3. Bila membutuhkan penyesuaian tingkat desibel tertentu silakan menggunakan auto tuner atau preset yg disediakan software, misal : pop, rock, jazz,dst kalau masih kurang silakan ditambah efek BBE viva, Wide, Reverb, Surround, dll.
  4. Untuk yang sudah mahir silakan setting equalizer anda dan jangan merusak telinga anda.


Tips Membeli :

Sesuaikan kebutuhan anda pada saat membeli speaker
Maksimalkan Budget/uang yang ada
Saat membeli perhatikan frek tinggi dan rendahnya, jangan cuma bass-nya saja yg ditest
Pilih bahan membran speaker pada subwoofer yang lapisannya karet atau yang elastis
Pilih yang tampilan nya nyaman dipandang.
Pilih fitur yang lengkap, bila speaker dilengkapi remote, pastikan di unit speaker aktif juga terdapat tone control manual. Sehingga pengoperasian unit tidak tergantung hanya pada remote.

Sekian,makalah saya tentang SoundCard dan SpeakerAktif.....


href="https://yllix.com/publishers/637717" target="_blank">yX Media - Monetize your website traffic with us