Friday, February 24, 2017

KARYA ILMIAH PELUANG BISNIS - Technopreneurship



KARYA ILMIAH PELUANG BISNIS

TECHNOPRENEURSHIP 



Disusun oleh :
Tri Evendi
16.11.0247
S1 Informatics 04



UNIVERSITAS AMIKOM YOGYAKARTA

2017






Abstrak

Technopreneurship merupakan sebuah istilah wirausaha yang dikhususkan bagi wirausahawan yang bergerak di bidang teknologi informasi. Bill Gates (Microsoft), Steve Jobs (Apple), Sergey Brin & Larry Page (Google), Mark Zuckenberg (Facebook), Jack Dorsey (Twitter), serta Kevin Systorm (Instagram) ialah beberapa contoh wirausahawan yang bergerak di dunia teknologi informasi.



Pendahuluan

Latar Belakang

Teknologi Informasi merupakan salah satu bidang yang sangat menjanjikan, mulai dari Blogging, online shop, bermain di forum, online writer, dan sebagainya menjadi kegiatan yang bisa menghasilkan uang. Peluang untuk sukses di bidang ini bisa dibilang sangat besar, bisa dibilang sangat kecil. Tergantung dimana Anda berusaha, dan seberapa keras usaha Anda.
Wirausaha dibidang IT punya peluang yang cukup besar, asal tentunya dikelola dengan baik dan dengan perencanaan yang baik pula. Salah satu hal yang membuat seseorang maju mundur saat menentukan akan berwirausaha (self -employment, freelance) atau tidak adalah kekhawatiran soal apakah berwirausaha mampu menopang kebutuhan hidup sehari-hari dan apakah akan berkesinambungan atau tidak? Ini alasan yang sangat-sangat manusiawi dan perlu menjadi pedoman awal.
Banyak yang bilang, kita harus mau bekerja keras untuk bisa hidup berkecukupan meski buat saya pribadi, bekerja keras saja tidak cukup. Baiknya dilengkapi dengan bekerja cerdas, bekerja beberapa hari untuk menutup biaya sebulan. Begitu banyak peluang bekerja di Bidang IT menyebabakan banyak orang berlomba-lomba menjadi seorang yang ahli di bidang IT. Adapun peluang bekerja sebagai seorang wirausahawan di Teknologi Informasi adalah Peluang kerja di Bidang IT tidak terbatas sebab hampir semua sektor kehidupan telah menggunakan komputerisasi, Masih sedikit orang yg menguasai IT dengan baik, perkembangan Teknologi terus berkembang membutuhkan seseorang yang ahli di Bidang IT.

Kajian Teori

JOSEPH C. SCHUMPETER
Wirausaha adalah orang yang mampu menghancurkan keseimbangan pasar dan kemudian membentuk keseimbangan pasar yang baru dan mengambil keuntungan-keuntungan atas perubahan-perubahan tersebut

RAYMOND W.Y. KAO
Wirausaha adalah orang yang mampu menciptakan dan merancang suatu gagasan menjadi realita

RICHARD CANTILLON
Wirausaha adalah seseorang yang mampu memindahkan atau mengkonversikan sumber-sumber daya ekonomis dari tingkat produktivitas rendah ketingkat produktivitas yang lebih tinggi


Pembahasan

Sebelum kita ke IT, sebaiknya kita tau dulu, IT itu apa ? menurut wikipedia, Teknologi Informasi (TI), atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Information technology (IT) adalah istilah umum untuk teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi. Dalam bidang IT, kita tidak mesti jadi karyawan, pegawai, tapi kita juga bisa mengembangkan keahlian kita seperti menjadi seoarang IT Entrepreneur yaitu Wirausaha dalam bidang IT, itu merupakan sesuatu yang peluang bisnis yang menarik.
Software Engineer dan Developer

Terjun menjadi ahli software engineer dan juga pengembang aplikasi merupakan jenis pekerjaan bidang IT yang paling diinginkan oleh para angkatan kerja yang punya keahlian pemrograman teknologi. Bidang ini menjadi salah satu yang paling dibutuhkan oleh perusahaan atau industri teknologi khususnya orang-orang yang memahami bahasa pemrograman Java, developer mobile, dan NET developer. Peluang penghasilan yang bisa diperoleh mencapai $88.000 atau sekitar 1 Milyar rupiah lebih
Project Manager
Project Manager adalah profesi yang bertanggung jawab terhadap perencanaan, pelaksanaan, dan penyelesaian project. Tahun lalu, Manajer Proyek di industri IT menjadi salah satu profesi yang paling banyak dibutuhkan, baik dalam industri teknologi maupun bidang industri lainnya. Menurut situs Indeed.com, profesi ini dapat menghasilkan pendapatan rata-rata $91.000, atau sekitar hampir 1,1 Milyar rupiah.
Bisnis dan System Analist
Menurut survey CareerCast.com, profesi yang ahli dalam analisa bisnis  dan sistem IT memiliki prospek yang cerah. Dalam industri IT, pekerjaan ini bertugas mengurusi database system, mengembangkan model data, dan termasuk mendesain sistem yang bisa dipakai oleh pengguna akhir (end-user). Peluang salary yang bisa diperoleh oleh seorang System Analist mencapai $78.000, atau hampir 1 milyar rupiah.
WEB Developer
Web Developer adalah profesi yang memiliki keahlian dalam programer untuk membuat situs, aplikasi web, internet, dan sejenisnya. Banyak perusahaan atau individu yang membutuhkan seorang web developer guna membantu dalam membuat dan membangun sebuah website. Jumlah uang yang mampu dihasilkan rata-rata $76.000, atau hampir satu milyar rupiah.
Programer Komputer
Seorang programer menghabiskan waktunya untuk membuat, menulis dan mengembangkan computer code yang akan diaplikasikan untuk software atau peralatan lainnya. Banyak perguruan tinggi yang menyediakan mata kuliah penguasaan program komputer pada tingkatan diploma. Dalam industri IT, programer komputer menjadi salah satu profesi yang paling ngetop bagi pencari kerja. Menurut CareerCast, pekerja pada posisi ini bisa memperoleh penghasilan rata-rata $71.000 atau hampir 900 juta rupiah.



Penutup

Kesimpulan

Itulah data yang diambil dari CareerCast.com pada tahun 2012. Memang tidak sedikit penghasilanya, tapi itu semua kembali ke diri kita, bagaimana supaya kita bisa perpenghasilan seperti itu, walau kita tidak bisa tembus seperti itu, kita masih bisa mengembangkan diri kita, karena seorang IT punya banyak peulang untuk sukses.

Daftar pustaka

  • https://dannyvinic.wordpress.com/2012/11/06/peluang-usaha-di-bidang-ti-technopreneurship/
  • http://hellofutureimcoming.blogspot.com/2012/11/peluang-usaha-di-bidang-teknologi.html
href="https://yllix.com/publishers/637717" target="_blank">yX Media - Monetize your website traffic with us