Wednesday, February 22, 2017

KARYA ILMIAH PELUANG BISNIS - Online Advertising



KARYA ILMIAH PELUANG BISNIS

ONLINE ADVERTISING



Disusun oleh :
Tri Evendi
16.11.0247
S1 Informatics 04



UNIVERSITAS AMIKOM YOGYAKARTA

2017






Abstrak

Iklan online, juga disebut pemasaran online atau iklan internet atau iklan web , adalah metode periklanan dengan menggunakan internet dan World Wide Web dengan tujuan menyampaikan pesan pemasaran (promosi) untuk menarik pelanggan. Internet Advertising, meliputi beberapa teknik seperti iklan kontekstual pada halaman hasil mesin pencari(search engine), iklan banner (banner ads), Rich Media Ads (periklanan dengan melibatkan media interactiv digital seperti audio dan video streaming), iklan jaringan sosial (social network advertising), iklan online berdasarkan klasifikasi (online classified advertising), jaringan periklanan (advertising networks) dan e-mail marketing, serta bahkan e – mail spam. CPM,PPC,CPC dan CPA merupakan bentuk metode kompensasi (pembayaran) yang dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan uang dengan berbisnis online seperti Advertising ini. Dengan kemudahan yang ditawarkan pada bisnis online ini, Online Advertising membuka peluang luas bagi pencari uang tanpa biaya sepeserpun. Dengan bermodalkan ketekunan dan keterampilan blog-ing,maka semua orang dapat masuk ke bisnis online ini.




Pendahuluan

Latar Belakang

Dunia bisnis berubah sangat cepat karena teknologi bisnis baru yang muncul. Banyak bisnis telah menggunakan teknologi untuk skala dan mendapatkan posisi tinggi di pasar, usaha kecil telah berhasil mendapatkan keunggulan kompetitif atas usaha mapan menggunakan teknologi. Dampak positif teknologi ini pada bisnis telah mengubah permainan bisnis dan dunia usaha menjadi jauh lebih kompetitif dari sebelumnya, sekarang ini sangat sulit bagi perusahaan untuk mendominasi pasar, karena semua orang belum dapat memiliki akses ke teknologi. Komunikasi dan arus informasi telah berubah, dengan teknologi internet, orang dapat memperoleh akses ke informasi bisnis, dan kita semua tahu bahwa informasi adalah kekuatan. Dengan begitu perusahaan dapat memasarkan produknya tanpa batas di dunia. Di masa lalu, informasi yang digunakan dikunci untuk dimanfaatkan oleh beberapa perusahaan, ini membuat begitu banyak perusahaan yang kaya menjadi semakin dan itu sangat sulit bagi usaha kecil untuk mengiklankan produknya. Hari ini, setiap satu klik di internet dapat mengakses informasi tentang pasar yang ditargetkan, kebutuhan dan keinginan konsumen, dan banyak lagi.


Kajian Teori

Teknologi Informasi merupakan sebuah bentuk umum yang menggambarkan setiap teknologi yag membantu menghasilkan, memanipulasi menyimpan ,mengkomunikasikan dan atau menyampaikan informasi.(William, Sawyer)
Iklan ialah suatu pesan yang dibayar oleh sponsor dan disampaikan melalui beberapa media komunikasi massa.(Russel & Lane (1990))
Iklan merupakan salah satu jenis teknik komunikasi massa dengan membayar ruangan atau waktu untuk menyiarkan informasi tentang barang dan jasa yang ditawarkan oleh si pemasang iklan.(Suhandang (2005)) 
Menjelaskan periklanan sebagai bentuk penyajian dan promosi tentang ide, barang atau jasa secara non-personal oleh suatu sponsor tertentu yang memerlukan pembayaran.(Kotler (2002))


Pembahasan

Seiring dengan perkembangan teknologi,iklan pemasaran pun ikut berkembang. Perusahaan membutuhkan orang untuk memasarkan produknya di berbagai media. Dan media yang saat ini terbukti efektif adalah internet. Dengan internet berbagai situs blog,sosial media maupun komunikasi menjadi target iklan pemasaran. 
Berikut ini ada 12 jenis iklan online:
Direct Advertising
Di mana pemasang iklan dan pemilik media berhubungan langsung dan menandatangani kontrak untuk menampilkan iklan atau inisiatif promosi lainnya.
Media yang sering jadikan iklan jenis Direct Adv adalah di blog. Untuk pemasangan iklan tidak sembarangan, tidak semua yang punya blog hanya blog yang menyediakan layanan iklan dengan terafik rank cukup tinggi, artinya blog tersebut bisa dipercaya penyedia jasa iklan dan cukup populer atau sering banyak dilihat pengunjung.
Self-service Advertising
Pendekatan iklan baru di mana materi iklan, penempatan iklan, tampilan serta teks dikerjakan sendiri oleh pemasang iklan melalui metode proses yang dilakukan sendiri di Online. Contoh: Blogads dan Google AdWords .Biasanya jenis iklan ini kita bisa lihat di berbagai situs penyedia layanan iklan. Salah satu situs terbesar seperti situs mesin pencari yaitu Google dan pempunyai program layanan iklan yaitu Google AdWord. Layanan iklan yang ditawarkan bisa berupa bentuk teks, gambar maupun video. Secara umum iklan jenis ini bisa kita lihat ketika kita mengetikan kalimat pada mesin pencarian Google, itu bisa langsung muncul iklannya ada di barisan sebelah kanan sesuai keyword yang kita ketik tadi.
Ad Networks
Sebuah jaringan (network) iklan yang menghubungkan dan memediasi antara pemasang iklan dengan pemilik situs web. Jaringan iklan seperti ini biasanya menargetkan kampanye-kampanye yang tidak mempunyai target audience khusus, tetapi mengincar sebesar mungkin orang yang melihat iklan dengan biaya sekecil mungkin. Contoh: ValueClickMedia dan Tribal Fusion.
Contextual Advertising
Iklan yang ditargetkan pada content. Iklan tidak ditampilkan secara random, tetapi telah dipilih oleh sistem secara otomatis sesuai dengan content yang relevan dengan iklan tersebut. Contoh: Google AdSense dan Yahoo Publisher Network. Iklan jenis ini hanya ditampilkan pada pengunjung yang benar-benar tertarik dengan produk atau jasa yang di iklankan, jadi hasil promosi anda lebih terarah sesuai target yang dikehendaki. Maksudnya iklan kita akan di respon hanya pengunjung yang tertarik saja, sehingga penempatan iklan juga harus di publish yang strategis seperti pada situs web dengan trafik rank cukup tinggi.sistem pembayaran yaitu apabila ada pengunjung yang meng-klik iklan kita.
Twitter Advertising
Iklan yang berfungsi sebagai tweet dari pemasang iklan, yaitu iklan berbasis keyword yang pendek, yang didistribusikan kepada user yang membaca content yang sesuai dengan keyword yang dipilih. Contoh: Magpie dan Twittad
In-Text Advertising
Sistem in-text advertising secara otomatis menghubungkan kata-kata tertentu di dalam website dengan content iklan yang berhubungan. Contoh: Kontera dan Vibrant in-Text Ad
Sistem in-text advertising secara otomatis menghubungkan kata-kata tertentu di dalam website dengan content iklan yang berhubungan.
Ad Network Optimization
Jasa optimasi iklan ini mengevaluasi dan memilih iklan yang membayar terbanyak untuk ditampilkan dalam halaman web dengan mengevaluasi semua pilihan serta ukuran iklan yang paling baik, dan karakteristik visualnya. Contoh: PubMatic dan YieldBuild
Rep Ad Agencies
Agen periklanan yang mewakili blog-blog serta situs web tertentu dan memediasi penjualan mereka untuk kampanye-kampanye besar yang dilakukan brand-brand besar ataupun agensi iklan besar. Contoh: Federated Media dan Tribal Fusion
Social Advertising
Iklan untuk social media. Tidak seperti iklan tradisional, format iklan ini memanfaatkan dinamika pengaruh sosial seperti pengaruh peer group, word of mouth, viral marketing dan rekomendasi langsung dari teman ke teman. Contoh: VideoEgg dan Meebo.
Video Advertising
Bentuk iklan yang ditargetkan pada content video. Berbagai format tersedia, termasuk iklan dinamis yang bisa tampil sebelum, setelah, ataupun selama tayangnya content video tertentu. Contoh: Voxant dan AdSense for Video.
RSS Advertising
Iklan ini ditampilkan di dalam RSS Feed, yang bisa disesuaikan dengan konteks content RSS feed tersebut atau secara manual ditargetkan pada kebutuhan promosi tertentu. Contoh: Pheedo dan Feedvertising
Sponsorship
Bentuk bantuan dana atau bisa juga dalam bentuk produk/layanan sebagai ganti promosi terhadap suatu brand. Sponsorship online adalah strategi alternatif yang banyak digunakan dan dianggap lebih efektif daripada pemasangan iklan online berbentuk banner.


Dengan meletakkan iklan pada situs blog,sosial media dan komunikasin perusahaan pengiklan telah membuka peluang bagi publisher untuk bekerjasama menyebarkan iklan. Dengan kerjasama ini publisher akan mendapatkan kompensasi atau pembayaran uang yang di sesuaikan dengan metode kompensasi dari perusahaan pengiklan. Metode ini antara lain :

CPC – CostPerClick  dan PPC - PayPerClick
CPC dan PPC dalah tipe sederhana dari iklan yang mengacu pada biaya (pembayaran) ke publisher yang terkait dengan setiap klik pada iklan ke halaman target. Contohnya Google Adsense,Adbrite,PopAds,Bidvertiser,Chitika,Infolinks dll.
CPM – CostPerMile
CostPerMile adalah iklan yang akan membayar publisher jika menayangkan ke 1000 penonton. Contohnya Adbuff,Adsterra,PropellerAds dll.
CPI – CostPerImpression
CostPerImpression sama seperti Cpm tetapi perbedaan antara cpm dan cpi adalah bahwa penerbit mendapat pembayaran untuk setiap tayangan yang yang berarti tidak ada batasan dari seribu tayangan menargetkan untuk dibayar. Pembayaran dihitung dari untuk pengunjung unik dari sebuah website.Contohnya Advertising,Casale Media,Tribal Fusion dll.
CPV – CostPerView
CostPerView mudah dan penerbit jenis ramah membayar per iklan kesan karena membayar untuk setiap tayangan yang dihitung dari website. Tidak peduli pengunjung unik atau tidak tetapi Anda akan dibayar sama. Jenis iklan menghitung tayangan lebih banyak daripada jenis lain karena fleksibilitas ini.
CPA – CostPerAction
CostPerAction adalah pengunjung jual produk web mengacu iklan yang tidak sesederhana iklan lainnya. Ini tinggi dalam pembayaran karena pengiklan membayar persentase untuk penerbit untuk bahan yang dijual. Pengunjung mengklik iklan dan kemudian kadang-kadang mereka perlu mendaftar atau kadang-kadang membeli produk dan kemudian penerbit dibayar untuk itu. Murni BPA adalah iklan berbasis aturan yang memungkinkan pengiklan untuk menerapkan aturan sendiri untuk membayar dan kemudian penerbit mendapat pembayaran sesuai dengan aturan iklan.
CPL – CostPerLead
CostPerLead adalah program yang membayar publisher ketika setiap pendaftaran pengguna melalui iklan yang berarti bahwa itu adalah jenis lain dari program referral yang memungkinkan penerbit untuk mendapatkan lebih banyak uang untuk setiap pendaftaran. Ini adalah 100% iklan yang menguntungkan untuk kedua penerbit.



Penutup

Kesimpulan

Sebagaimana kita ketahui, dunia advertising seolah tidak pernah ada akhirnya. Setiap saat perusahaan akan mengiklankan berbagai produk ke berbagai media, untuk itulah mereka membutuhkan blog untuk memasang iklan mereka, baik berupa iklan text (text link) maupun iklan banner (banner ads). Jika kita punya sebuah blog, maka kita bisa menghasilkan uang dengan memasang iklan text atau banner di blog yang bersangkutan.

Daftar pustaka

  • https://cyber-dw.blogspot.sg/2017/02/make-money-from-advertising.html
  • https://cyber-dw.blogspot.sg/2017/02/why-is-technology-important-in-business.html
  • https://cyber-dw.blogspot.sg/2017/02/what-is-cpmppccpc-and-cpa-in-business.html
href="https://yllix.com/publishers/637717" target="_blank">yX Media - Monetize your website traffic with us