Tuesday, February 21, 2017

KARYA ILMIAH PELUANG BISNIS - Design Grafis



KARYA ILMIAH PELUANG BISNIS

DESIGN GRAFIS



Disusun oleh :
Tri Evendi
16.11.0247
S1 Informatics 04



UNIVERSITAS AMIKOM YOGYAKARTA

2017






Abstrak

Kemajuan teknologi jaman sekarang memang sebuah langkah untuk menuju ke jaman modern dimana semua aktifitas yang kita kerjakan tidak bisa lepas dari komputer atau alat bantu mesin yang membantu kita sehari-hari. Dalam kemajuan ini merupakan suatu kesempatan bisnis yang bisa dimanfaatkan sebagai peluang usaha yang sangat menjanjikan, contohnya adalah dalam bidang desain grafis. Dalam bidang ini dapat mencakup berbagai peluang yaitu desain arsitek rumah, majalah, poster/iklan dan logo. Bisnis itu sangat menjajikan dalam jaman modern sekarang.



Pendahuluan

Latar Belakang

Dalam  era  modern  ini  adalah  dunia  dimana  semua  orang  menginginkan segalanya  instan  dan  mudah dalam  menjalani  hidup  sehari-hari.  Begitupula  jika anda seorang desainer pasti memerlukan teknologi yang dapat mempermudah para desainer dalam menjalankan bisnis anda.
Membaca  peluang  bisnis  dalam  desain  atau  membaca  peluang mendapatkan  income  ,  mencari  uang dan  penghasilan  dalam  mendesain  adalah kunci  kesuksesan  dalam  karir  desain  Anda.  Banyak  yang mengira  bahwa  hanya sekedar  kemampuan  desain,  pengalaman  dan  kerja  keras  sudah  cukup  untuk mencapai hal tersebut.


Kajian Teori


  • Menurut Suyanto,“Aplikasi dari keterampilan seni dan komunikasi untuk kebutuhan bisnis dan industri”.
  • Jessica Helfand, “Kombinasi kompleks kata-kata dan gambar, angka-angka dan grafik, foto-foto dan ilustrasi yang membutuhkan pemikiran khusus dari seorang individu yang bisa menggabungkan elemen-eleman ini, sehingga mereka dapat menghasilkan sesuatu yang khusus, sangat berguna, mengejutkan atau subversif atau sesuatu yang mudah diingat”.
  • Danton Sihombing, “Mempekerjakan berbagai elemen seperti marka, simbol, uraian verbal yang divisualisasikan lewat tipografi dan gambar, baik dengan teknik fotografi ataupun ilustrasi”.

Pembahasan

 Membaca  peluang  bisnis  dalam  desain  atau  membaca  peluang mendapatkan  income  ,  mencari  uang  dan  penghasilan  dalam  mendesain  adalah kunci  kesuksesan  dalam  karir  desain  Anda.  Banyak  yang  mengira  bahwa  hanya sekedar  kemampuan  desain,  pengalaman  dan  kerja  keras  sudah  cukup  untuk mencapai hal tersebut.

Cara membaca peluang bisnis desain yang baru :
1.  Ekspresi Jiwa
2.  Banyak klien di pasar yang luas
3.  Membuat Studio Desain dan jalankan bisnis
4.  Bekerja secara Freelance atau paruh waktu
5.  Fleksibilitas ke arah Desain Website atau Desain Percetakan
6.  Kerja dari rumah menjalankan bisnis
7.  Kesungguhan dan kedisiplinan

Seorang  desainer  grafis  tidak  hanya  pandai  dalam  menggambar, mendesain,  atau  mengedit  saja  tetapi  juga  memerlukan  sebuah  strategi  dalam berbisnis agar menghasilkan laba.
Berikut adalah aplikasi desain grafis strategi kreatif dalam periklanan:

1.  Pentingnya Kreatifitas dalam merancang pesan
Kreatifitas  adalah  kemampuan  menyajikan  gagasan  dalam  atau  ide  baru. Untuk  itulah  strategi  merancang  pesan  sukses  membutuhkan pengembangan strategi kreatif dan eksekusi strategikreatif.

2.  Copy Platform
Seperti  halnya  proses  promosi  dan  pemasaran  lainnya ,  aspek  kreatif periklanan dipandu oleh tujuan dan sasaran yang spesifik.

3.  Identifikasi Audien Sasaran
Identifikasi Audien Sasaran maksudnya melakukan identifikasi pada pasar yang kita bidik atau melakukan segmentasi pasar.

4.  Strategi Generik
Pendekatan  Generik  ditemukan  oleh  E.Poter.  Pendekatan  ini  berorientasi pada kunggulan biaya keseluruhan dan diferensiasi.

5.  Strategi Preemtive
Strategi  Preemitive  serupa  dengan  strategi  generik, tetapi  menonjolkan superioritasnya.

6.  Strategi Unique Selling Proposition
Strategi ini berorientasi pada keunggulan atau kelebihan produk yang tidak memiliki oleh produk saingannya.

7.  Strategi Brand Image
Sebuah merek atau produk diproyeksikan pada suatu citra (image) tertentu (melalui periklanan)

8.  Strategi Inherent Drama
Strategi Inherent Drama atau strategi karakteristikproduk yang membuat konsumen membeli.

9.  Strategi Resonansi
Strategi  ini  tidak  berfokus  pada  produk  dan  citra  merek,  tetapi  lebih berfokus  pada  situasi  dan  kondisi  yang  ditemukan  yang  menguatkan pengalaman hidup konsumen.

10.  Strategi Positioning
Gagasan  umum  strategi  positioning  adalah  menempatkan  sebuah  produk untuk mendapatkan posisi yang baik dalam benak konsumen. Sepuluh macam strategi tersebut merupakan suatu rencana dalam berbisnis yang sangat  mempengaruhi  tumbuh  kembang  bisnis  dalam  bidang  desain  grafis  yang anda bangun. 


Penutup

Kesimpulan

Multimedia sangat kental dengan desain, banyak sekali pelajaran tentang desain grafis yang di berikan oleh guru, pembimbing atau dosen.. Anda bisa mendesain gambar, edit foto, mendesain banner, cover dan lain sebagainya yang nantinya anda jual kepada perusahaan, lembaga atau instansi. Anda juga bisa menerima pesanan pembuatan desain, anda buka saja jasa pembuatan desain di internet.

Daftar pustaka

  • M. Suyanto, 2004, Everyone Aplikasi Desain Grafis Untuk Periklanan, Andi Yogyakarta
  • http://www.ahlidesain.com/membaca-peluang-bisnis-desain-tahun-2011.html
href="https://yllix.com/publishers/637717" target="_blank">yX Media - Monetize your website traffic with us