KARYA ILMIAH PELUANG BISNIS - Design Grafis
KARYA ILMIAH PELUANG BISNIS
DESIGN GRAFIS
Disusun oleh :
Tri Evendi
16.11.0247
S1 Informatics 04
UNIVERSITAS AMIKOM YOGYAKARTA
2017
Abstrak
Kemajuan teknologi jaman sekarang memang sebuah langkah untuk menuju ke jaman modern dimana semua aktifitas yang kita kerjakan tidak bisa lepas dari komputer atau alat bantu mesin yang membantu kita sehari-hari. Dalam kemajuan ini merupakan suatu kesempatan bisnis yang bisa dimanfaatkan sebagai peluang usaha yang sangat menjanjikan, contohnya adalah dalam bidang desain grafis. Dalam bidang ini dapat mencakup berbagai peluang yaitu desain arsitek rumah, majalah, poster/iklan dan logo. Bisnis itu sangat menjajikan dalam jaman modern sekarang.
Pendahuluan
Latar Belakang
Dalam era modern ini adalah dunia dimana semua orang menginginkan segalanya instan dan mudah dalam menjalani hidup sehari-hari. Begitupula jika anda seorang desainer pasti memerlukan teknologi yang dapat mempermudah para desainer dalam menjalankan bisnis anda.
Membaca peluang bisnis dalam desain atau membaca peluang mendapatkan income , mencari uang dan penghasilan dalam mendesain adalah kunci kesuksesan dalam karir desain Anda. Banyak yang mengira bahwa hanya sekedar kemampuan desain, pengalaman dan kerja keras sudah cukup untuk mencapai hal tersebut.
Membaca peluang bisnis dalam desain atau membaca peluang mendapatkan income , mencari uang dan penghasilan dalam mendesain adalah kunci kesuksesan dalam karir desain Anda. Banyak yang mengira bahwa hanya sekedar kemampuan desain, pengalaman dan kerja keras sudah cukup untuk mencapai hal tersebut.
Kajian Teori
- Menurut Suyanto,“Aplikasi dari keterampilan seni dan komunikasi untuk kebutuhan bisnis dan industri”.
- Jessica Helfand, “Kombinasi kompleks kata-kata dan gambar, angka-angka dan grafik, foto-foto dan ilustrasi yang membutuhkan pemikiran khusus dari seorang individu yang bisa menggabungkan elemen-eleman ini, sehingga mereka dapat menghasilkan sesuatu yang khusus, sangat berguna, mengejutkan atau subversif atau sesuatu yang mudah diingat”.
- Danton Sihombing, “Mempekerjakan berbagai elemen seperti marka, simbol, uraian verbal yang divisualisasikan lewat tipografi dan gambar, baik dengan teknik fotografi ataupun ilustrasi”.
Pembahasan
Membaca peluang bisnis dalam desain atau membaca peluang mendapatkan income , mencari uang dan penghasilan dalam mendesain adalah kunci kesuksesan dalam karir desain Anda. Banyak yang mengira bahwa hanya sekedar kemampuan desain, pengalaman dan kerja keras sudah cukup untuk mencapai hal tersebut.
Cara membaca peluang bisnis desain yang baru :
1. Ekspresi Jiwa
2. Banyak klien di pasar yang luas
3. Membuat Studio Desain dan jalankan bisnis
4. Bekerja secara Freelance atau paruh waktu
5. Fleksibilitas ke arah Desain Website atau Desain Percetakan
6. Kerja dari rumah menjalankan bisnis
7. Kesungguhan dan kedisiplinan
Seorang desainer grafis tidak hanya pandai dalam menggambar, mendesain, atau mengedit saja tetapi juga memerlukan sebuah strategi dalam berbisnis agar menghasilkan laba.
Berikut adalah aplikasi desain grafis strategi kreatif dalam periklanan:
1. Pentingnya Kreatifitas dalam merancang pesan
Kreatifitas adalah kemampuan menyajikan gagasan dalam atau ide baru. Untuk itulah strategi merancang pesan sukses membutuhkan pengembangan strategi kreatif dan eksekusi strategikreatif.
2. Copy Platform
Seperti halnya proses promosi dan pemasaran lainnya , aspek kreatif periklanan dipandu oleh tujuan dan sasaran yang spesifik.
3. Identifikasi Audien Sasaran
Identifikasi Audien Sasaran maksudnya melakukan identifikasi pada pasar yang kita bidik atau melakukan segmentasi pasar.
4. Strategi Generik
Pendekatan Generik ditemukan oleh E.Poter. Pendekatan ini berorientasi pada kunggulan biaya keseluruhan dan diferensiasi.
5. Strategi Preemtive
Strategi Preemitive serupa dengan strategi generik, tetapi menonjolkan superioritasnya.
6. Strategi Unique Selling Proposition
Strategi ini berorientasi pada keunggulan atau kelebihan produk yang tidak memiliki oleh produk saingannya.
7. Strategi Brand Image
Sebuah merek atau produk diproyeksikan pada suatu citra (image) tertentu (melalui periklanan)
8. Strategi Inherent Drama
Strategi Inherent Drama atau strategi karakteristikproduk yang membuat konsumen membeli.
9. Strategi Resonansi
Strategi ini tidak berfokus pada produk dan citra merek, tetapi lebih berfokus pada situasi dan kondisi yang ditemukan yang menguatkan pengalaman hidup konsumen.
10. Strategi Positioning
Gagasan umum strategi positioning adalah menempatkan sebuah produk untuk mendapatkan posisi yang baik dalam benak konsumen. Sepuluh macam strategi tersebut merupakan suatu rencana dalam berbisnis yang sangat mempengaruhi tumbuh kembang bisnis dalam bidang desain grafis yang anda bangun.
Cara membaca peluang bisnis desain yang baru :
1. Ekspresi Jiwa
2. Banyak klien di pasar yang luas
3. Membuat Studio Desain dan jalankan bisnis
4. Bekerja secara Freelance atau paruh waktu
5. Fleksibilitas ke arah Desain Website atau Desain Percetakan
6. Kerja dari rumah menjalankan bisnis
7. Kesungguhan dan kedisiplinan
Seorang desainer grafis tidak hanya pandai dalam menggambar, mendesain, atau mengedit saja tetapi juga memerlukan sebuah strategi dalam berbisnis agar menghasilkan laba.
Berikut adalah aplikasi desain grafis strategi kreatif dalam periklanan:
1. Pentingnya Kreatifitas dalam merancang pesan
Kreatifitas adalah kemampuan menyajikan gagasan dalam atau ide baru. Untuk itulah strategi merancang pesan sukses membutuhkan pengembangan strategi kreatif dan eksekusi strategikreatif.
2. Copy Platform
Seperti halnya proses promosi dan pemasaran lainnya , aspek kreatif periklanan dipandu oleh tujuan dan sasaran yang spesifik.
3. Identifikasi Audien Sasaran
Identifikasi Audien Sasaran maksudnya melakukan identifikasi pada pasar yang kita bidik atau melakukan segmentasi pasar.
4. Strategi Generik
Pendekatan Generik ditemukan oleh E.Poter. Pendekatan ini berorientasi pada kunggulan biaya keseluruhan dan diferensiasi.
5. Strategi Preemtive
Strategi Preemitive serupa dengan strategi generik, tetapi menonjolkan superioritasnya.
6. Strategi Unique Selling Proposition
Strategi ini berorientasi pada keunggulan atau kelebihan produk yang tidak memiliki oleh produk saingannya.
7. Strategi Brand Image
Sebuah merek atau produk diproyeksikan pada suatu citra (image) tertentu (melalui periklanan)
8. Strategi Inherent Drama
Strategi Inherent Drama atau strategi karakteristikproduk yang membuat konsumen membeli.
9. Strategi Resonansi
Strategi ini tidak berfokus pada produk dan citra merek, tetapi lebih berfokus pada situasi dan kondisi yang ditemukan yang menguatkan pengalaman hidup konsumen.
10. Strategi Positioning
Gagasan umum strategi positioning adalah menempatkan sebuah produk untuk mendapatkan posisi yang baik dalam benak konsumen. Sepuluh macam strategi tersebut merupakan suatu rencana dalam berbisnis yang sangat mempengaruhi tumbuh kembang bisnis dalam bidang desain grafis yang anda bangun.
Penutup
Kesimpulan
Multimedia sangat kental dengan desain, banyak sekali pelajaran tentang desain grafis yang di berikan oleh guru, pembimbing atau dosen.. Anda bisa mendesain gambar, edit foto, mendesain banner, cover dan lain sebagainya yang nantinya anda jual kepada perusahaan, lembaga atau instansi. Anda juga bisa menerima pesanan pembuatan desain, anda buka saja jasa pembuatan desain di internet.
Daftar pustaka
- M. Suyanto, 2004, Everyone Aplikasi Desain Grafis Untuk Periklanan, Andi Yogyakarta
- http://www.ahlidesain.com/membaca-peluang-bisnis-desain-tahun-2011.html